Akreditasi Prodi Profesi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar

Prodi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan salah satu Prodi unggulan di Poltekkes Kemenkes Makassar. Prodi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan Prodi Dietisien Pertama di Wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Prodi Dietisien ini mendapat ijin pembukaan pertama kali di Tahun 2019 dan mendidikan calon mahasiswa untuk menjadi seorang tenaga profesional dietisien. Visi Prodi Dietisien adalah Menghasilkan Dietisien yang memiliki Daya Saing dan Unggul dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Fokus pada Kesehatan Perkotaan.

Salah satu upaya untuk menjamin lulusan yang dihasilkan unggul adalah memastikan bahwa penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan kualitas tinggi. Hal itu dapat dilihat dari hasil akreditasi yang merupakan penilaian eksternal dari lembaga mandiri. Prodi D-3 Gizi dan Sarjana Terapan Gizi dan Dietetik yang ada saat ini, keduanya memiliki nilai Akreditasi A yang diperoleh pada Tahun 2020 yang lalu. Prodi Dietisien sebagai program studi Baru wajib untuk mengusulkan Akreditasi Prodi ke LAM-PTKes untuk mendapatkan pengakuan eksternal terhadap penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakannya saat ini.

Akreditasi Prodi Profesi Dietisien baru-baru ini telah dilaksanakan oleh LAM-PTKes melalui Assessment Lapangan Daring (AL Daring). Kegiatan AL Daring ini dilaksanakan pada Tanggal Selasa s.d Jum’at, 21 s.d 24 Desember 2021 selama 4 (empat) hari. Tim Assessor dari LAM PTKes dipimpin oleh Prof. Dian Handayani, SKM.,M.Kes.,Ph.D, dengan 2 (dua) anggota tim masing-masing Dr. Muflihah Isnawati, DCN.,M.Sc, dan Dr. Ir. MF. Aryani Sudja, MKM.

Selain mengevaluasi kelengkapan dokumen penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, Tim Assessor juga melakukan kunjungan visitasi daring untuk melihat sarana dan prasarana baik di tingkat Poltekkes maupun pada tingkat program studi. Sarana dan prasarana yang dikunjungi secara live antara lain fasilitas CBT, theater kelas, ruang pembelajaran, laboratorium, perpustakaan, asrama mahasiswa, sarana olah raga, fasilitas food court, tempat praktek mahasiswa baik di rumah sakit maupun puskesmas. Selain itu, tim juga melakukan wawancara dengan unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, preseptor klinik, alumni, dan pengguna lulusan.

Setelah pelaksanaan kegiatan Assessment Lapangan, maka hasil dari assessment lapangan nantinya akan disampaikan ke Majelis LAM PTKes untuk mendapatkan persetujuan. Semoga Akreditasi Prodi Profesi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar memberikan hasil yang menggembirakan. Bravo untuk Prodi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar.

Proses AL Daring menggunakan Aplikasi Zoom Prodi Profesi Dietisien Poltekkes Kemenkes Makassar
Foto Bersama Direktur, Ketua Jurusan dan Tim, Tim Pusat Penjaminan Mutu sesaat setelah Proses AL Daring selesai dilaksanakan.