Workshop Peningkatan Peran Prodi dan Dosen dalam Rangka Penguatan Implementasi SPMI

Pusat penjaminan mutu Poltekkes Kemenkes Makassar terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Mutu di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar terutama dalam penyelenggaraan Tridharma Pendidikan. Salah satu komponen yang penting dalam menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi adalah Program studi dan Dosen. Program studi sebagai unit yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan sangat perlu untuk dapat mengimplementasikan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pembelajaran, sedangkan Dosen harus memenuhi Standar Dosen dan mampu mengimplementasikan Standar Proses dan Penilaian Pembelajaran untuk tercapainya Standar Kompetensi Lulusan sesuai dengan Visi keilmuan Program studi.

Untuk mendorong terselenggaranya kegiatan pendidikan sesuai standar tersebut, Pusat Penjaminan Mutu menyelenggarakan Workshop dengan Tema “Peningkatan Peran PRODI dan Dosen dalam rangka penguatan implementasi SPMI menuju PT dan Prodi UNGGUL”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bapak Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A. Beliau adalah Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Tim Pakar Mutu LLDIKTI 3 – Jakarta, dan Fasilitator SPMI Pusat – Kemdikbudristek.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr. Rusli, Sp.FRS.,Apt yang merupakan Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltekkes Kemenkes Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh Kasubag Administrasi Akademik, Satuan Pengawas Internal (SPI), Para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Para Ketua Program studi, Sekretaris Prodi, dan Pengelola Akademik masing-masing Jurusan dan Program Studi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar. Narasumber dalam paparannya menjelaskan tantangan pendidikan tinggi ke depan, apa yang harus dipersiapkan oleh pengelola PT dan PS dalam rangka mempersiapkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi unggul, peran prodi dan peran dosen. (Download Materi)

Kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan dan semoga memberikan manfaat bagi Manajemen Pengelola baik di Tingkat Direktorat, Jurusan, maupun Program studi sehingga Poltekkes Kemenkes Makassar dan Program studi dapat mewujudkan visinya menjadi unggul dengan ke-khasan pada Pengelolaan Kesehatan Perkotaan. Jayalah Poltekkes Kemenkes Makassar.

Pemaparan Materi Oleh Narasumber tentang Peran Prodi dalam Standar Proses Pembelajaran yang berimplikasi terhadap peran dosen.