Kegiatan Seminar dan Pembimbingan PKK Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Makassar

Seminar, responsi, dan kegiatan pembimbingan merupakan salah satu metode yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan termasuk diantaranya pendidikan tenaga keperawatan. Kegiatan ini selain sebagai proses untuk pendalaman terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa juga mendorong penguasaan softskill mahasiswa diantaranya kemampuan presentasi, komunikasi, tanggung jawab, dan akuntabilitas.

Kegiatan pembimbingan, seminar, dan responsi asuhan keperawatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Program studi sebagai bagian dari Pelaksanaan Kurikulum pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi lulusan yang telah ditetapkan.

Peserta didik sebelum memaparkan kasus melalui seminar terlebih dahulu melaksanakan kegiatan praktek klinik untuk mengelola kasus (pasien) dan mendokumentasikannya dalam bentuk asuhan keperawatan. Laporan asuhan keperawatan yang telah dibuat selanjutnya dikonsultasikan ke Clinical Instructur (CI)/Preseptor yang ditugaskan baik dari tempat praktik (CI/Preseptor Rumah sakit/Lahan) maupun CI dari Institusi/Preseptor yang ditugaskan oleh institusi untuk membimbing mahasiswa.

Berikut beberapa foto kegiatan selama pelaksanaan Responsi pembimbingan dan Seminar:

 

Foto 1. Mahasiswa menyajikan kasus dalam seminar asuhan keperawatan
Foto 2. Dosen sementara memberikan bimbingan kepada mahasiswa
Foto 3. Dosen sementara melakukan responsi dengan mahasiswa
Foto 4. Dosen sementara memeriksa laporan asuhan keperawatan