2nd International Conference on Urban Health Poltekkes Kemenkes Makassar

Poltekkes Kemenkes Makassar telah sukses menyelenggarakan kegiatan spektakuler The 2nd International Conference on Urban Health dengan tema “Interprofessional Collaboration on Urban Health; A Strategy for All Nations” pada Tanggal 18 s.d 19 Juli 2019 di Swiss-Belhotel Losari, Makassar, Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Makassar dengan bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Palu dan Poltekkes Kemenkes Mamuju dengan Sponshorship dari PT. Kimia Farma Indonesia dan PT. Isam Cahaya Indonesia.

Konferensi internasional ini bertujuan untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian terbaru mengenai kesehatan urban untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kesehatan urban dan mendapatkan informasi terbaru dan pendekatan terkini dalam mengembangkan strategi bagu bagi semua bangsa dalam mengelola kesehatan urban. Konferensi Internasional ini menjadi media dan wadah bagi pengambil kebijakan, peneliti, praktisi, organisasi profesi, dunia usaha dan dunia industri dalam menemukan solusi yang tepat berbasis bukti terutama dalam masalah kesehatan urban.

Kegiatan ini diakreditasi oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI), Persatuan Ahli Tenaga Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Kegiatan ini dihadiri oleh 276 peserta dari dalam dan luar negeri dan pembicara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dr. Siswanto, MHP.,DTM, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI), Badan PPSDM Kementerian Kesehatan (Bpk Zaeni Dahlan, S.SiT.,M.PH, Kepala Sub Bidang Fasilitasi Teknis Pendidikan, Pusat Pendidikan SDM Kesehatan), Lincoln College University Malaysia (Prof. Dr. Hjh. Datuk Bibi Florina), Mahidol University Thailand (Assoc. Prof. Dr. Mathuros Tipyamongkolgul, Ph.D), Centro Escolar University (Elvira L. Urgel, Ph.D), Hasanuddin University (Bapak Ansariadi, Ph.D, Senior Lead RISE Project), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Dr. dr. H. Bachtiar Baso, M.Kes), dan dari Poltekkes Kemenkes Makassar (Sri Wahyuni, S.Kep,Ns.,MN (Hons)). Jumlah peserta yang mendiseminasikan hasil penelitiannya melalui oral presentation sebanyak 95 orang dan jumlah peserta yang melakukan diseminasi melalui poster presentation sebanyak 33 orang.

Dokumentasi kegiatan:

Proses registrasi kegiatan international conference
Penyampaian materi oleh Narasumber Assoc. Prof. Dr. Mathuros Tipyamongkogul, Ph.D
Penyampaian materi oleh Ibu Sri Wahyuni, S.Kep,Ns.,MN (Hons)
Penyampaian materi dari dr. Siswanto, MHP.,DTM
Penyampaian materi dari Prof. Dr. Hjh. Datuk Bibi Florina
Penandatanganan Kerjasama Luar Negeri difasilitasi oleh BIN Edu
Kegiatan Oral Presentation
Kegiatan oral presentation
Penyampaian materi dari Dr. dr. H. Bachtiar Baso, M.Kes
Penyampaian materi dari Elvira L. Urgel, Ph.D
Laporan Ketua Panitia, Bpk M. Askar, S.Kep,Ns.,M.Kes
Persembahan Tari Padduppa (Traditional dance) dari Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar