Monev Persiapan Akreditasi Institusi dan Prodi Poltekkes Kemenkes Makassar

Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Makassar pada Hari Jum’at, 22 Pebruari 2019 menggelar kegiatan Monev Persiapan Akreditasi Institusi dan Program studi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menghadirkan Narasumber Kepala Sub Bidang Fasilitasi Akreditasi Pusdik SDM Kesehatan BPPSDMK Bapak Dedy Suryadi, S.ST. Kegiatan Monev ini dihadiri oleh Direktur didampingi Wakil Direktur I, II, dan III, Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan staf, Ketua Jurusan, Ketua Program studi, dan Kasub Unit Penjaminan Mutu dari masing-masing jurusan di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar. Dalam Paparannya, beliau menyampaikan terjadinya perubahan besar dalam penilaian akreditasi institusi dan program studi yang awalnya dilaksanakan dengan menggunakan 7 standar berubah menjadi 9 kriteria. Hal tersebut memerlukan upaya antisipasi dan persiapan lebih dini dari Institusi dan Program studi yang ada di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar sehingga nilai akreditasi yang dicapai saat ini bisa ditingkatkan dan tidak sampai menurun.

Seperti diketahui bahwa Institusi Poltekkes Kemenkes Makassar terakreditasi oleh BAN-PT dengan nilai B dan 16 dari 17 program studi telah terakreditasi dengan nilai B oleh BAN-PT/LAM-PT Kes dan 1 program studi (Sarjana Terapan Farmasi) yang merupakan program studi baru dan belum meluluskan sudah dalam proses persiapan akreditasi. Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar yang membuka kegiatan workshop tersebut sangat mengapresiasi kehadiran Kasubbid Fasilitasi Akreditasi Pusdik SDM Kesehatan di Poltekkes Kemenkes Makassar. Direktur mengharapkan agar Ketua Jurusan dan Ketua Program studi meningkatkan kinerja dan inovasinya untuk dapat memperoleh akreditasi yang lebih baik dan mendorong percepatan akreditasi untuk Program studi Sarjana Terapan Farmasi dan Program studi yang sudah akan habis masa berlaku akreditasinya di Tahun 2020 agar mempersiapkan borang dan evaluasi dirinya dari saat ini.

Kegiatan Monev dilanjutkan dengan evaluasi dan pemeriksaan data dukung Borang Usulan Akreditasi Program Studi Sarjana Terapan Farmasi yang pada Bulan Pebruari ini akan diusulkan untuk proses akreditasi. Perlu diketahui bahwa Program studi Sarjana Terapan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan satu-satunya di Indonesia sehingga menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan sarjana terapan dalam bidang farmasi.

adminspmi