Workshop Peningkatan Hasil Uji Kompetensi

Unit Penjaminan Mutu Politeknik Kesehatan Makassar pada tanggal 03 s.d 04 September 2018 menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Hasil Uji Kompetensi melalui kegiatan Item Review yang melibatkan 42 orang dosen dari 8 Jurusan yang ada di Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar. Kegiatan ini melibatkan Narasumber dari Assosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) Provinsi Sulawesi Selatan dan Organisasi Profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dibuka oleh Pudir I Politeknik Kesehatan Makassar.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan review terhadap soal uji kompetensi. Peserta adalah dosen yang telah mengikuti kegiatan Item Development sehingga melalui kegiatan ini dosen lebih mudah dalam melaksanakan review terhadap soal uji kompetensi. Kegiatan ini menghasilkan 400 soal uji kompetensi yang telah melalui proses review pada tingkat institusi untuk 8 jenis tenaga kesehatan masing-masing tenaga sanitarian, gizi, farmasi, analis kesehatan, keperawatan, kebidanan, fisioterapi, teknik gigi, dan kesehatan lingkungan.

Pada kegiatan ini selain dosen dipandu melakukan review soal, dosen juga dipandu untuk mengujikan soal secara online ke mahasiswa dengan menggunakan aplikasi google formulir. Hal ini didasari pada sulitnya melakukan bimbingan on site pada alumni retaker yang tidak dapat mengikuti kegiatan bimbingan uji kompetensi di kampus yang berdampak terhadap rendahnya kelulusan retaker dalam uji kompetensi. Diharapkan dengan tersedianya soal-soal latihan yang disiapkan oleh dosen pengampuh mata kuliah terutama matakuliah kompetensi inti memudahkan retaker untuk mendapatkan bimbingan uji kompetensi melalui online.

Foto-foto kegiatan :